Selamat Berpuasa

Marhaban Ya Ramadhan!! Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1430H

Khasiat dan manfaat cuka

>> Senin, 17 Agustus 2009


Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa tikus yang diberi makan mengandung cuka tidak membuat cepat gemuk. Baik cuka yang dibuat dari beras, anggur bahkan dari pisang. Ada satu hal yang masih diteliti apakah ini juga berlaku pada manusia. Selama ini cuka yang kita kenal paling banyak dimanfaatkan untuk membuat acar, atau menjadi bahan pembersih lyang ramah lingkungan. Karena jika dicampur dengan sedikit air cuka ini dapat membunuh kuman. Namun dari itu semua ada manfaat cuka yang lain, yaitu :
1. Sebagai pengganti deodorant
Resep dari buku Natural Healing with Cider Vinegar menyetbutkan bahwa cuka bisa menghilangkan bau badan. Caranya adalah dengan mengoleskan cuka apel pada ketiak setelah mandi.
2. Menghilangkan bau tak sedap dalam mobil
Ambil cuka dan letakkan dalam botol atau mangkok, lalu biarkan semalaman dalam mobil. Besok pagi bau tak sedap yang ada dalam mobil hilang.
3. Mencegah rambut rusak
Jika kita sering berenang di kolam renang akan membuat rambut rusak. Hal ini bisa dicegah dengan keramas campuran 1/4 gelas cuka dan 1/2 liter air.
4. Menghilangkan bau kaki
Larutkan cuka apel dalam air secukupnya dan rendam kaki dalam larutan tersebut selama 10 menit sekali sehari. Rendam juga kaos kaki dalam larutan cuka apel selama 30 menit untuk membunuh jamur yang ada pada kaos kaki.
5. Menghilangkan noda pada tangan
Bila kita sering mengupas kunyit atau bawang merah, pasti akan meninggalkan noda pada jari kita. Untuk menghilangkan noda tersebut cuci tangan dengan cuka putih.
6. Menghilangkan sengatan ubur - ubur
Asam asetat yang ada pada larutan cuka mampu melawan sengatan dan rasa sakit akibat racun ubur-ubur, itulah yang dilakukan oleh beberapa peneliti.

1 komentar:

roomen 17 Agustus 2009 pukul 08.14  

hahahaha,,, baru tau niy manfaat cuka. kirain ga ada manfaatnya

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP