Selamat Berpuasa

Marhaban Ya Ramadhan!! Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1430H

Kekenyangan karena buka puasa

>> Jumat, 21 Agustus 2009

Marhaban ya Ramadhan...
Bulan Ramadhan telah tiba. Selama satu bulan penuh kita umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Artinya, tidak boleh makan dan minum dari mulai terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari ( maghrib ). Biasanya karena kita sudah seharian tidak makan dan minum, pas buka tiba langsung minum yang seger-seger. Lega rasanya tenggorkan dibasahi air manis dan dingin. setelah itu baru makan. Saking nikmatnya makan, kadang kita tidak terasa perut terasa penuh dan sesak di dada. Artinya kita makan sudah kekenyangan.
Jika perut sudah penuh dengan makanan biasanya kita juga sering males bergerak setelah itu tidak teraweh. Untuk kita yang sudah terlalu kenyang jangan dipaksa lagi untuk makan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan jika kekenyangan. Yaitu :\
1. Hindari Berbaring
Perut yang sudah penuh dengan makanan akan menghabiskan tempat bagi asam lambung. Selama itu jangan berbaring karena keadaan akan parah. Tetaplah tegak lurus.
2. Jalan - jalan
Sekitar 30 menit lakukan jalan pelan - pelan agar bisa membantu proses pencernaak. Jangan melakukan hal yang lebih energik, melompat misalnya. Karena hal itu bisa meningkatkan dan memicu asam lambung naik kekerongkongan dan akhirnya muntah.
4. Jangan menggunakan antasida
Menetralisasi asam lambung justru memicu prodiksi lebih banyak.
5. Ikat pinggang dikendurkan
Ikat pinggang yang terlalu kencang saat kita kekenyangan bisa menyebabkan sesak napas

2 komentar:

tetenw 23 Agustus 2009 pukul 01.53  

Tips yang menarik ..
Tukaran Link Yoo!!

Riswanto 28 Agustus 2009 pukul 03.00  

pertamax..
Salam kenal

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP